ikhlas

Thursday, April 11, 2019

HSI 9.15 Beberapa Contoh Keadaan Yang Berkaitan Dengan Iradah Syar’iyyah & Iradah Kauniah


Halaqah yang Ke Limabelas dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Takdir Allāh "Beberapa Contoh Keadaan Yang Berkaitan Dengan Iradah Syar’iyyah dan Iradah Kauniah".

1. Keimanan Abu Bakar

Keimanan Abu Bakar berkaitan dengannya dua Iradah sekaligus (Iradah Syar’iyyah dan Iradah Kauniah). Berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena Allāh mencintai dan menginginkan keimanan Abu Bakar dan berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh mentakdirkan, mewujudkan dan menciptakan keimanan Abu Bakar

2. Keimanan Abu Jahal

Keimanan Abu Jahal berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah saja dan tidak berkaitan dengannya Iradah Kauniah. Berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena Allāh mencintai danmenginginkan keimanan Abu Jahal dan tidak berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh tidak mentakdirkan, mewujudkan dan menciptakan keimanan Abu Jahal.

3. Kemaksiatan orang yang berbuat maksiat

Kemaksiatan orang yang berbuat maksiat berkaitan dengannya Iradah Kauniah saja dan tidak berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah, berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh mentakdirkan, mewujudkan dan menciptakan kemaksiatan tersebut dan tidak berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena secara syariat Allāh tidak mencintai dan menginginkan kemaksiatan tersebut.

4. Kekufuran Orang Yang Beriman Yang Tidak Terjadi

Hal ini tidak berkaitan dengannya dua Iradah, tidak berkaitan dengannya Iradah Syar’iyyah karena secara syariat Allāh tidak mencintai & tidak menginginkan kekufuran orang yang beriman dan tidak berkaitan dengannya Iradah Kauniah karena Allāh tidak mentakdirkan kekufuran orang yang beriman dan tidak mewujudkan nya serta tidak menciptakannya.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Al-Madīnah

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy