ikhlas

Thursday, November 29, 2018

HSI 8.14 - Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 12


Halaqah yang Ke empat belas dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada para Rasul alaihimus salam adalah Cara Beriman Kepada Para Rasul Bag 12.

  ④. Diantara contoh bahwa Allāh menjadikan ayat-ayat seorang Nabi sesuatu yang sesuai dengan keadaan kaumnya adalah mukjizat.

Nabi Muhammad ﷺ yang berupa Al-Quran dizaman beliau, ﷺ bahasa Arab mencapai zaman keemasan penyair penyair bertebaran, berlomba menyumbangkan kefashehannya & kedalamannya didalam berbahasa Arab. Maka Allāh Subhānahu wa Ta’āla dengan hikmah Nya menjadikan ayat yang paling besar bagi Nabi Muhammad ﷺ adalah sebuah kitab yang diturunkan yang tidak mampu seseorangpun menandinginya, seandainya berkumpul seluruh manusia & Jin untuk mendatangkan yang semisalnya dengan Al-Qur’an niscaya mereka tidak mampu jangan kan satu Al-Quran 10 surat pun mereka tidak mampu & jangan kan 10 surat, satu surat pun mereka tidak akan mampu.

Allāh Subhānahu wa Ta’āla berfirman:

قُلْ لَئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰ أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِ هَٰذَا الْقُرْآنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

“katakanlah seandainya manusia Jin berkumpul untuk mendatangkan yang semisal Al-Qur’an niscaya mereka tidak akan bisa mendatangkannya meskipun sebagian mereka membantu sebagian yang lain”. (Al-Isra : 88)


Dan Allāh berfirman :

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ ۖ قُلْ فَأْتُوا بِعَشْرِ سُوَرٍ مِثْلِهِ مُفْتَرَيَاتٍ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ فَإِلَّمْ يَسْتَجِيبُوا لَكُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا أُنْزِلَ بِعِلْمِ اللَّهِ وَأَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“ataukah mereka berkata Muhammad telah mengada-ada? Katakanlah hendaklah kalian datang kan 10 surat yang dibuat² yang semisal dengan Al-Qur’an & panggillah semampu kalian orang-orang selain Allāh kalau kalian adalah orang² yang benar, kalau mereka tidak mampu memenuhi tantanganmu maka ketahuilah bahwa Al-Qur’an diturunkan ilmu Allāh & tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, apakah kalian menyerahkan diri ” ( Hud 13-14)


Dan Allāh berfirman :

وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا وَلَنْ تَفْعَلُوا فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ ۖ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

” Dan seandainya kalian ragu terhadap apa yang kaki turun kan kepada hamba Kami maka datang kanlah satu surat & panggil lah oleh kalian saksi kalian selain Allāh kalau kalian adalah orang-orang yang benar, seandainya kalian tidak bisa melakukannya & kalian pasti kalian tidak bisa melakukannya maka takut lah dengan Neraka yang bahan bakar nya adalah manusia & batu yang disediakan untuk orang-orang yang kafir ” (Al-Baqarah : 23)
Mereka Orang-orang yang kafir meragukan Al-Qur’an & mengatakan bahwasanya Al-Qur’an bukan dari Allāh tetapi dari Muhammad & dialah yang membuatnya maka Allāh menantang mereka, kalau memang itu buatan manusia seharusnya juga bisa membuatnya apalagi mereka adalah orang-orang Arab yang fasih & ahli didalam bahasa Arab, namun ternyata tidak ada diantara mereka yang bisa membuat yang semisal dengan Al-Qur’an & ijin menunjukkan bahwa Al-Qur’an adalah kalamullah & bukan kalam Muhammad ﷺ. Apalagi mereka mengetahui bahwa Nabi Muhammad ﷺ adalah seorang yang tidak bisa membaca & menulis & beliau bukan tukang syair.

Ini semua menunjukan bahwa Al-Qur’an adalah ayat atau mukjizat yang menunjukkan kebenaran nabi Muhammad ﷺ & kebenaran apa yang beliau bawa & seharusnya ini semua menjadikan mereka beriman & mengikuti beliau ﷺ 

Sumber : Halaqoh Silsilah Islamiyyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy Lc. MA