ikhlas

Wednesday, July 10, 2019

HSI 10.13 Penjagaan Allah Kepada Muhammad ﷺ Sebelum Kenabian Beliau


Halaqah yang ketiga belas dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah ”Penjagaan Allah Kepada Muhammad ﷺ Sebelum Kenabian Beliau”.

Diantara penjagaan Allāh kepada Muhammad ﷺ, sebelum diwahyukan ketika renovasi, Muhammad mengangkat batu bersama paman beliau Abbas, Abbas saat itu mengusulkan kepada Muhammad ﷺ supaya mengangkat izzar beliau yaitu pakaian bagian bawah & meletakkannya diatas leher bagian belakang supaya menjaga Muhammad dari bekas batu yang yang diangkat, ketika mereka jauh dari manusia, tatkala beliau akan melakukannya tiba-tiba beliau pingsan & ketika bangun beliau pun meminta supaya dikencangkan izzar nya.
[HR Al Bukhari & Muslim]

Dan kejadian tersebut terjadi saat beliau berumur 35 tahun.
[diriwayatkan oleh Abdul Rozak di dalam al-Musanaf]

Dan sebagai mana yang diketahui bahwa telanjang pada saat itu bukan saat aneh menurut orang² Arab Jahiliyah, dahulu mereka biasa thowaf dalam keadaan telanjang kecuali orang² Quraisy. Dan Thowaf dalam keadaan telanjang terus dilakukan oleh mereka sampai dilarang oleh Rasulullãh ﷺ pada tahun 9 Hijriyah lewat perantaraan Abu Bakar as-Syidik.

Abu Bakar mengumumkan
أَلَا لَا يَحُجُّ بَعْدَ الْعَامِ مُشْرِكٌ وَلَا يَطُوفُ بِالْبَيْتِ عُرْيَانٌ
janganlah ada orang Musyrik yang berhaji setelah tahun ini & jangan ada orang yang Thowaf di sekitar Baitullah dalam keadaan telanjang
[HR Bukhori]
Kejadian diatas menunjukkan bahwa Nabi ﷺ terjaga dari apa yang dianggap tercela baik sebelum kejadian maupun setelah kejadian.

Diantara penjagaan Allāh kepada beliau ﷺ Sebelum Kenabian, bahwa beliau berpegang teguh dengan warisan Nabi Ibrahim & Ismail didalam akidah Haji, pernikahan dll.

Pernah beliau ﷺ bersama Zaid Ibnu Haritsah kemudian Zaid menyentuh berhala dengan tangan kanannya, maka Muhammad ﷺ melarang Zaid, kemudian Zaid menyentuh lagi & dilarang kembali oleh Muhammad ﷺ. Zaid bin Haritsah bersumpah bahwa Rasulullãh ﷺ tidak pernah menyentuh berhala sedikit pun.
[Hadits Hasan di riwayat oleh Ath Thabrany di dalam al-Mu’jamul kabir]

Sebelum menjadi Nabi ﷺ pernah dihidangkan kepada beliau daging & beliau tidak memakannya karena takut makanan tersebut termasuk yang disembelih untuk berhala.
[HR al-Bukhori]

Beliau dahulu wukuf di Arafah sebagaimana dilakukan oleh Nabi Ibrahim alaihi salam berbeda dengan orang² Quraisy yang mereka wukuf di Mudzalifah menyelisihi ajaran Nabi Ibrahim.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Pandeglang

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy