ikhlas

Tuesday, July 2, 2019

HSI 10.08 Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Disusui


Halaqah yang Kedelapan dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah ”Muhammad ﷺ Disusui “.

Setelah melahirkan Aminah mengabarkan kepada Abdul Mutholib tentang kelahiran cucunya, maka datanglah Abdul Mutholib dalam keadaan sangat berbahagia kemudian memandang & membawa masuk Muhammad kedalam ka’bah, memberi nama beliau dengan Muhammad, sebuah nama yang asing diantara orang-orang Arab.

Abdul Mutholib kemudian mencari wanita Arab Badui yang bisa menyusui Muhammad ﷺ, sebagaimana ini adalah kebiasaan orang-orang Arab kota yang demikian adalah untuk menjauhkan beliau dari berbagai penyakit kota & supaya kuat badannya & menguasai bahasa Arab fasih. Namun saat itu banyak wanita² Arab Badui yang tidak mau menyusui beliau karena beliau adalah seorang anak yatim tidak memiliki ayah yang bisa membayar upah bagi mereka.

Akhirnya Halimah bintu Abi Dhuayb As-Sa’diyah seorang wanita Arab Badui dari Bani Sa’ad yang sedang mencari anak² yang bisa Disusui, beliau lah yang bersedia menyusui Muhammad ﷺ setelah awalnya tidak mau menyusui namun karena beliau merasa iba & kasihan & tidak ingin pulang ke Bani Sa’ad dalam keadaan tidak membawa seorang bayi pun, maka Halimah bersedia menyusui Muhammad & membawanya Bani Sa’ad.

Dibawalah Muhammad ke lingkungan barunya & Halimah merasakan berkah yang luar biasa setelah menyusui Muhammad ﷺ, berkah & kebaikan dalam berbagai urusannya.

Setelah dua tahun tinggal di Bani Sa’ad Muhammad ﷺ di bawa oleh Halimah kepada ibunya untuk dikembalikan & saat itulah Halimah meminta & merayu Aminah untuk memberinya kesempatan lagi mengasuh Muhammad karena melihat banyaknya kebaikan yang dia dapatkan dengan mengasuhnya & supaya Beliau tidak terkena wabah penyakit yang ada di Mekkah, akhirnya Aminah menyetujui permintaan tersebut.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Pandeglang

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy