ikhlas

Tuesday, July 2, 2019

HSI 10.10 Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Dibawah Tanggungan Abu Thalib


Halaqah yang kesepuluh dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah ”Muhammad ﷺ Dibawah Tanggungan Abu Thalib”.

Setelah meninggal Abdul Mutholib, Abu Tholib sebagai paman berusaha menunaikan hak keponakannya dengan sebaik-baiknya, bahkan mendahulukan Muhammad diantara sekian banyak putranya selama lebih 40 tahun disampingnya, melindunginya & membela dengan ucapan & juga fisik nya.

Rasulullãh ﷺ tumbuh sebagai seorang pemuda yang dijaga oleh Allāh terjauh dari kotoran² Jahiliyyah & kebiasaan mereka. Paling menjaga kehormatan, paling baik akhlak nya, sangat pemalu, paling jujur ucapannya, sangat menjaga amanah, jauh dari perilaku jorok & kasar, sehingga dikenal diantara masyarakat Jahiliyyah sebagai seorang Al-Amiin (yang dapat dipercaya).

Beliau dikenal banyak silaturahim, menghormati tamu, membantu yang lain didalam kebaikan, memakan dari usaha sendiri & Qonaah (merasa cukup) dengan apa yang Allāh berikan.

Ketika beliau berumur 14 atau 15 tahun terjadilah perang al-Fujar antara Quraisy & Kinanah melawan Qois & ‘inan, namun tidak ada riwayat yang shahih yang menyebutkan bahwa Muhammad ﷺ saat itu ikut berperang, kemudian beliau ﷺ sempat menghadiri sebuah kesepakatan antara Bani Hasyim, Bani Umayyah, Bani Zahroh & juga Bani Makjum yang isi kesepakatan tersebut adalah untuk saling menolong & saling membantu orang yang didholimi serta mengembalikan kebaikan kepada yang memiliki.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Pandeglang

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy