ikhlas

Wednesday, July 10, 2019

HSI 10.11 Pernikahan nabi Muhammad dengan Khadijah


Halaqah yang ke sebelah dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah ”Pernikahan Muhammad ﷺ dengan Khadijah radiallahu anha”.

Pada saat berumur 25 tahun Muhammad ﷺ menikah dengan Khadijah seorang wanita Quraisy yang memiliki kedudukan yang tinggi & harta yang melimpah, ada yang mengatakan bahwa umur Khadijah saat itu 28 tahun & ada yang mengatakan 40 tahun.

Khadijah, beliau adalah Khadijah bintu Khuwailid bin As’ad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Kaab bin Luay al-Qurosiyyah.

Beliau adalah termasuk wanita Quraisy yang paling baik nasabnya harta & akalnya & beliau lah wanita yang pertama kali dinikahi oleh Muhammad ﷺ & beliau tidak menikah dengan seorang wanita pun setelah Khadijah sampai Khadijah meninggal.

Setelah menikah dengan Khadijah telah lahir dari beliau enam orang anak:
Al Qosim
Abdullāh
Zainab
Rukayyah
Ummu kulsum
Fatimah

Al-Qosim & Abdullāh meninggal ketika masih kecil sedangkan yang wanita semuanya menemui kenabian Muhammad ﷺ & masuk Islām tetapi semuanya meninggal dunia sebelum Rasulullãh ﷺ, kecuali Fatimah, maka beliau meninggal meninggal 6 bulan setelah kematian Rasulullãh ﷺ.

Adapun riwayat² perincian tentang bagaimana pernikahan beliau ﷺ, seperti cerita bahwa beliau berdagang ke Syam dengan membawa harta Khadijah bintu Khuwailid & bahwasanya Khadijah mengutus Maisaroh (seorang budak milik beliau) untuk menemani Muhammad didalam perdagangan ini kemudian ketika pulang, Khadijah melihat ke amanah an Muhammad & Maisaroh juga menceritakan kemuliaan akhlak pikiran yang jernih & kejujuran Muhammad ﷺ & kisah bahwa Khadijah mengutus utusan kepada Muhammad ﷺ menawarkan kepada beliau untuk menikah kemudian Muhammad setuju & berbicara kepada pamannya, kemudian setelah itu mereka pergi ke paman Khadijah & meminangnya setelah itu dilangsungkan pernikahan maka riwayat² tersebut adalah lemah.

Demikian yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Abdullāh Roy
Di kota Pandeglang

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy