ikhlas

Friday, December 28, 2018

HSI 8.21 - Cara Beriman kepada Para Rasul Bagian 19


Halaqah yang Ke Dua Puluh Satu dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada para Rasul alaihimus salam adalah Cara Beriman Kepada Para Rasul Bag 19.

Diantara hal yang perlu diketahui seorang muslim adalah perbedaan Al Karomah & Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah, karena sering terjadi seseorang menganggap Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah sebagai Al Karomah, menganggap seorang wali syaitan sebagai wali Allāh.

Berikut adalah perbedaan antara Al Karomah & Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah (semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberikan Taufik kita semua & menerangi diri kita dengan ilmu agama, diantara perbedaan antara Al Karomah & Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah :

① Melihat perjalanan hidup orang tersebut, kalau dia adalah seorang mukmin yang bertakwa maka ini adalah Al Karomah dan kalau sebaliknya dia bukan seorang yang mukmin & bukan orang yang bertakwa maka itu adalah Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah.

Berkata syaikh Abdul Aziz bin baz rahimahullah
وشرط كونها كرامةً أن يكون من جرت على يده هذه الكرامةُ مستقيمًا على الإيمان ومتابعة الشريعة فإن كان خلاف ذلك فالجاري على يده من الخوارق يكون من الأحوال الشيطانية 1:49

“Dan sesuatu yang luar biasa menjadi Karomah di syarat kan orang yang mendapatkan Karomah tersebut adalah orang yang istiqomah diatas iman & mengikuti syariat. Adapun apabila sebaliknya maka sesuatu yang luar biasa yg terjadi pada dirinya adalah termasuk Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah".


② Al Karomah adalah anugerah dari Allāh tidak bisa dipelajari & diusahakan sedangkan Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah adalah bantuan dari syaitan bisa dipelajari & diusahakan yaitu dengan berbuat sesuatu yang membuat ridha syaitan, seperti berbuat kufur kepada Allāh (meninggalkan shalat & kewajiban² yang lain) menghalalkan sesuatu yang Allāh haram kan & RasulNya dll. Oleh karena itu Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah memiliki sekolah² perguruan² untuk mempelajari perkara² yang luar biasa tersebut dan disana ada buku² yang dijual bebas yang mengajarkan Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah yang dikenal dengan Al Mujarobat

③ Al Karomah tidak bisa di lawan sedangkan Al Akhwal Asy-Syaithoniyyah bisa di lawan dengan beberapa dzikir & doa didalam Alquran & As-Sunnah.

Berkata Syaikhul Islam rahimahullah :

وهكذا أهل الأحوال الشيطانية تنصرف عنهم شياطينهم إذا ذكر عندهم ما يطردها مثل آية الكرسي 4.11

“Dan demikianlah orang-orang yang memiliki Akhwal Asy-Syaithoniyyah syaitan² mereka akan meninggalkan mereka apabila disebutkan disamping mereka apa yang mengusir syaitan² tersebut seperti ayat Kursi".

Sumber : Halaqoh Silsilah Islamiyyah bimbingan Ustadz Abdullah Roy Lc. MA