ikhlas

Wednesday, September 11, 2019

HSI 10.32 Orang-orang Quraisy Meminta Mu'jizat


Halaqah yang Tiga Puluh Dua dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah *”Orang-orang Quraisy meminta Mukjizat“*.

Orang-orang Quraisy semakin keras didalam menentang dakwah Rasulullãh ﷺ, mereka menggunakan cara yang lain didalam usaha menghentikan dakwah Nabi ﷺ & melemahkan beliau, yaitu dengan cara meminta beliau ﷺ untuk mendatangkan mukjizat yang menunjukkan bahwa beliau ﷺ adalah seorang Nabi semua itu mereka lakukan hanya ingin membantah & mendustakan beliau ﷺ.

Berkata orang-orang Quraisy kepada Nabi ﷺ

berdoalah kamu kepada Rabb mu untuk kami supaya Allāh menjadikan bukit Shofa ini emas & kamipun akan beriman denganmu

Beliau ﷺ berkata

dan apakah kalian benar akan melakukannya?

Mereka menjawab

ia

Berkata Abdullah, maka Nabi pun berdoa kemudian datanglah Jibril alaihi salam & berkata

sesungguhnya Rabbmu ajja wajalla mengucapkan salam untuk mu & Allāh berkata kalau kamu ingin maka bukit Shofa ini akan menjadi emas untuk mereka kemudian barangsiapa yang kafir diantara mereka setelah itu Aku akan mengazab dengan azab yang belum pernah Aku mengazab dengannya seorang pun dialam ini & kalau engkau ingin maka mereka akan diberi pintu Taubat & rahmat

Berkata Nabi ﷺ

pintu Taubat & rahmat

Hadīts riwayat Ahmad & Al Hakim & beliau menshahihkannya.

Berkata Abdullah Ibn Abbas maka Allāh menurunkan ayat ini
وَمَا مَنَعَنَا أَنْ نُرْسِلَ بِالْآيَاتِ إِلَّا أَنْ كَذَّبَ بِهَا الْأَوَّلُونَ ۚ وَآتَيْنَا ثَمُودَ النَّاقَةَ مُبْصِرَةً فَظَلَمُوا بِهَا ۚ..
[QS Al-Isra’ 59]

maka tidaklah mencegah Kami untuk mengirim tanda tanda kekuasaan Kami (mukjizat) kecuali karena sebab orang² terdahulu yang mereka telah mendustakan & Kami telah berikan kepada Tsamud Unta sebagai mukjizat
Riwayat ini diriwayatkan oleh Al Imam Ahmad dengan sanad yang jayyid.

Maksudnya sebagaimana mukjizat Hud alaihi salam tidak bermanfaat kepada kaumnya maka demikian pula orang² musyrikin Quraisy, mukjizat Nabi ﷺ tidak bermanfaat bagi mereka.

Akan tetapi ketika mereka (orang² Quraisy) terus meminta kepada Nabi ﷺ mukjizat akhirnya Nabi memenuhi permintaan mereka & memperlihatkan kepada mereka terbelahnya bulan sehingga disebutkan Gunung Hira berada diantara keduanya.

Hadīts riwayat Al Bukhari & Muslim.

Abdullāh bin Mas’ud saat itu melihat sendiri bagaimana terbelahnya bulan di Mekkah & atsar kisah ini ada didalam shahih Bukhori & Muslim.

Allāh Subhānahu wa Ta’āla telah menceritakan kejadian ini didalam Al Qur’an, Allāh mengatakan
اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ
وَإِنْ يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُسْتَمِرٌّ
[QS Al-Qamar 1-2]

telah dekat hari kiamat & telah terbelah bulan & apabila mereka melihat tanda kekuasaan mereka berpaling & mengatakan ini adalah sihir yang terus menerus
Demikianlah orang-orang musyrikin yang mereka memang ingin membantah & mendustakan setelah melihat terbelahnya bulan mereka mengatakan ini adalah sihir

Ada riwayat bahwa sebagian orang-orang Quraisy menawarkan harta & wanita kepada Nabi ﷺ dengan harapan Nabi menghentikan dakwah nya sebagaimana didalam Al Musanaf karya Ibnu Abi Syaibah & yang lain, namun didalam sanadnya ada pembicaraan.

Sebagaimana disana ada riwayat dimana mereka menawarkan kepada Nabi ﷺ supaya mereka bergantian didalam beribadah, Nabi menyembah Tuhan² mereka selama setahun & mereka akan menyembah selama setahun.
Diriwayatkan oleh Ath Thabary didalam Ta’rif nya & didalam sanadnya juga ada pembicaraan.

Adanya pembicaraan didalam sanad bukan berarti peristiwa itu tidak terjadi sama sekali, banyak sekali disana kejadian² didalam sejarah yang terjadi & kita tidak bisa menegakkan dalil dalil yang shahih atasnya.

Demikian yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.

*Materi audio ini disampaikan di dalam Grup WA Halaqah Silsilah ‘Ilmiyyah (HSI) ‘Abdullāh Roy.